Senin, 17 Mei 2010

MUHAMMAD sebagai pribadi yang mulia

Nabi Muhammad SAW adalah sosok pribadi yang mulia karena beliau mempunyai 4 sifat yang tidak dimiliki oleh umat manusia di muka bumi ini. Seperti sifat sidiq, amanah, tabligh dan fatonah. Beliau juga bertindak selama hidupnya dengan bersikap sopan, baik hati pada orang miskin, anak yatim, keluarga, kerabat, hamba sahaya, perempuan, anak-anak, binatang dan non Muslim pun beliau juga bersikap penuh cinta kasih, pemaaf, ramah dan rela berkorban.
Nabi Muhammad SAW, juga selalu hidup sederhana rendah hati, tulus, jujur, adil dalam bisnis, menepati janji, sholeh moderat, teguh, berani dan humoris. Beliau juga diberi gelar uswatun hasanah yang artinya pemberi contoh yang baik dan bukan hanya sebagai nabi terakhir beliau juga mempunyai tugas yang besar dalam kehidupan manusia sehingga beliau harus mampu menjalaninya dengan sabar dan tabah seperti yang tertuang dalam firman Allah yang artinya :
"sungguh telah ada pada diri Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagi umat manusia yang mengharap rahmat Allah dan mengingat Allah ketika datangnya hari kiamat" (QS. al-Ahzab : 32)
Nabi Muhammad adalah manusia yang paling suci dan mulia akhlak dan tingkah lakunya karena sejak lahir hingga wafat tidak pernah merasa dengki terhadap siapapun. Beliau diutus oleh Allah sebagai pembenar jalan di muka bumi. Dengan al-Qur'an beliau berdakwah dalam kehidupan masyarakat, beliau juga dapat berhasil mengubah tingkah laku dan kebiasaan masyarakat terutama orang yang diperbudak oleh hawa nafsunya. Dan akhlak Nabi Muhammad adalah al-Qur'an.

(disusun oleh : Fidatus Sholiha, Suci Lestari, M. Busro dan Amrullah Thamrin)

sumber :
Afzalur Rahman, ENSIKLOPEDIA MUHAMMAD : MUHAMMAD Sebagai Pribadi Mulia, Pelangi Mizan, Jakarta : 2009.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar